budidaya cacing sutra

Posted by ahmad najib Rabu, 21 September 2011 0 komentar
salah satu usaha yang sangat menjanjikan saat ini adalah budidaya caacing sutera, namun sayngnya bsnis pakan tetasan aneka ikan ini masih sangat susah di kembangkan karena habitat cacing sutera biasanya ada pada limbah industri.
selama ini kebanyakan penjual cacing sutra hanya mencari di sungai atau selokan yang berhulu dari limbah industri kemudian ditampung di rumah sebelumdijual kepasaran. kebiasaan itu sudah berlangsung bertahun-tahun dan hingga sekarang belum ada yang mampu mengembangkan secara massal khusunya di daerah Bantul yogyakarta.
cacing ini berukuran sangat kecil dan berwarna kemerah-merahan, hewan ini biasa di gunakan sebagai pakan anak ikan yang baru menetas. keberadaan cacing yang dihargai 10 ribu perliter ini mulai langka di DIY termasuk bantul. cacing sutra berhabitat di aliran air berlimbah rumah tangga, baik sungai atau selokan. tidak ada aliran sungai atau selokan yang bebas limbah, selama ini cacing tersebut banyak ditemukan di aliran sungai atau selokan di perkotaan yang memang banyak mengandung limbah,  untuk itu bisa dipastikan anda tidak akan menemukan cacing sutra dari aliran sungai yang berhulu di pegunungan karena biasanya air dari pegunungan relatif bersih dan bukan merupakan habitat dari cacing sutra.
budidaya cacing sutra cukup sulit karena harus berada di aliran yang mengandung limbah, cacing ini setelah diambil dari sungai harus mendapat penanganan khusus yaitu jangan sampai cacing tersebut berada pada air yang tidak bergerak atau artinya selama dalam penampungan air harus mengalir. jika tidak seperti itu, hewan ini bisa mati. cacing sutra dapat berkembang biak jika berada pada air berlimbah, seperti limbah dari pabrik tahu. budidaya cacing ini memenag tidak semudah mengembangkan cacing tanah lainnya sehingga harga jual di pasarang cacing sutra cukup stabil dan biasanya harga akan naik jika memasuki waktu musim penghujan tiba, hal ini karena biasanya para pencari cacing sutra tidak berani turun ke sungai karena aliran air yang sangat deras. cacing sutra akan sulit di lihat jika musim penghujan akan tetapi akan mudah diperoleh jika memasuki musim kemarau....... 

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

kami tunggu komentar anda tapi jangan melakukan komentar spam

Panduan blog dan SEO support Jual Online Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Pusat pengobatan herbal ampuh.