Rumah tangga SAMARA menurut Islam



Iklan Single (Bawah Judul)

Membangun RUMAH TANGGA SAMARA itu seperti layaknya MEMBANGUN RUMAH, fondasinya adalah TAQWA. Di atas fondasi itu dibangun pilar-pilar atau tiang-tiang utama yang berupa SIFAT QAWWAM SUAMI.
Cantik atau tidaknya bangunan, tergantung dari penempatan dan pengaturan dinding yang berfungsi sebagai pembentuk bangunan tadi, serta sebagai pembatas dari area luar dan penyekat antara ruangan, dinding ini adalah SIFAT SHALIHAT SEORANG ISTERI.
Pada dinding, ada jendela yang berfungsi sebagai pengatur keluar masuknya cahaya matahari dan udara segar. Makin baik jendela tadi berfungsi, tentu makin lancar pula sirkulasi cahaya dan udara segar, jendela inilah SIFAT QANITAT ISTERI.
Di dinding juga ada pintu, yang berfungsi sebagai tempat lalu lalangnya orang-orang yang keluar masuk rumah, saat tertentu pintu itu dibuka dan disaat lain ditutup, inilah fungsi HAFIZHAT SEORANG ISTERI. Sebuah bangunan juga membutuhkan atap sebagai pelindung dari panas maupun hujan, inilah yang disebut AL QUR'AN SEBAGAI MU'ASYARAH BIL-MA'RUF, yang harus ditegakkan di dalam kehidupan berumah tangga.
SAKINAH, MAWADDAH wa RAHMAH (SAMARA) adalah seuntai kata yang didamba setiap keluarga. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang melangkah membangun mahligai perkawinan tanpa mengharapkan terwujudnya ketenteraman, cinta dan kasih sayang dalam rumah tangganya kelak.
Maka demi harapan itu pulalah orang berlomba mencarinya dengan visi dan persepsinya masing-masing. Ada yang beranggapan bahwa samara akan diperoleh apabila terpenuhinya ASPEK MATERIAL, sehingga mereka berlomba mencarinya dalam rumah-rumah megah, dalam mobil-mobil mewah atau dalam tumpukan harta yang melimpah. Sementara yang lain mengira bahwa samara ini hanya akan terwujud dengan LANTUNAN DZIKIR dan UNTAIAN DO'A YANG TAK KENAL LELAH, sehingga mereka tak jemu menunggunya dengan hanya bermunajat di dalam rumah.
Namun ternyata MEREKA TIDAK MENDAPATKAN SAMARA DI DALAM ITU SEMUA. Kalaupun terkadang muncul perasaan bahagia, kebahagiaan itu dirasakan semu belaka. Sebab rasa bahagia, sedih, tenang, gelisah, tenteram, galau, cinta dan kasih sayang, itu semua terletak di di dalam KALBU.
Kalbu adalah tempat bersemayamnya perasaan sakinah, mawaddah wa rahmah. Oleh karenanya, untuk mendapatkan samara, setiap pasangan PERLU MELAKUKAN PRA-KONDISI TERHADAP KALBU AGAR SIAP MENERIMA KEHADIRANNYA. Tanpa pengondisian hati atau kalbu, niscaya ia tidak mendapatkannya sama sekali.
RESEP RUMAH TANGGA SAMARA
Apabila setiap pasangan menginginkan terbentuknya rumah tangga yang penuh dengan nuansa sakinah, mawaddah dan rahmah, maka ia perlu mengikuti resep yang diberikan Allah swt dalam untaian ayat-Nya berikut ini:
"Di antara tanda- tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu pasangan dari jenismu sendiri, sehingga kamu merasa tenteram (sakinah) dengannya, dan dijadikan-Nya diantara kalian rasa cinta dan kasih sayang (mawaddah wa rahmah). Dan di dalam itu semua terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir". (QS. Ar-Ruum:21).
Ayat ini menarik, sebab bukan saja mengandung TUNTUNAN NORMATIF, tetapi juga sekaligus merupakan TUNTUNAN METODOLOGIS dalam mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.
Ayat ini memberikan sebuah pelajaran, bahwa UNTUK MENDAPATKAN SAMARA SETIAP MUSLIM HARUS MENGIKUTI RUMUSAN RABBANIYAH, yaitu: ZAWAJ ---> SAKINAH ---> MAWADDAH WA RAHMAH. Maksudnya, SAKINAH YANG BERSIFAT THABI'I ITU HENDAKNYA DICARI DI DALAM, ATAU SETELAH ZAWAJ (PERNIKAHAN), BUKANNYA DI LUAR PERNIKAHAN.
Karena itu ISLAM TIDAK MENGENAL KONSEP PACARAN atau PERSELINGKUHAN. Sehingga mahligai rumah tangga terjaga kebersihan dan kesuciannya. Dengan demikian, barulah Allah swt. menganugerahkan mawaddah dan rahmah-Nya kepada pasangan ini. Sebab, pemberian mawaddah dan rahmah ini adalah HAK PREROGATIF ALLAH, dan merupakan KADO ISTIMEWA yang hanya diberikan Allah swt. Kepada rumah tangga yang diridloi-Nya.
Formulasi inilah yang disebut dengan resep TAQWA. Artinya, RUMAH TANGGA SAMARA HANYA BISA TERWUJUD APABILA PARA PELAKUNYA TETAP BERADA DALAM BINGKAI TAQWA, BINGKAI KETAATAN KEPADA TUNTUNAN ALLAH DAN RASUL-NYA. Dan TAQWA ITU LETAKNYA DI HATI, sebagaimana sabda Rasulullah: "At-taqwa ha huna" (taqwa itu letaknya di sini, sambil menunjuk dadanya). Dan HATI YANG AKAN DIANUGERAHI SAMARA OLEH ALLAH, HANYALAH HATI YANG TELAH TER-SHIBGHAH OLEH NILAI-NILAI TAQWA.
ANTARA TAQWA DAN SAMARA
Dalam setiap khutbah nikah, Rasulullah saw. Selalu membaca RANGKAIAN DARI TIGA AYAT AL QUR'AN YANG BEGITU PADAT
BERISI PESAN-PESAN UNTUK MENGGAPAI KESUKSESAN BERUMAH TANGGA. Di dalam kesuksesan ini tentu terkandung nilai-nilai sakinah, mawaddah wa rahmah.
•    "Wahai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa kepada-Nya, dan janganlah kalian sekali-kali mati melainkan dalam keadaan muslim (tunduk dan patuh)". (Qs. Ali Imran:102).
•    "Wahai sekalian manusia bertaqwalah kepada Rabb mu yang telah menciptakan kalian dari seorang diri, dan darinya Allah menciptakan pasangannya, dan dari keduanya Allah memberikan keturunan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (menggunakan) nama-Nya kalian saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan kasih sayang. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kalian". (Qs. An-nisa:1).
•    "Wahai orang-orang yang beriman , bertaqwalah kalian kepada Allah, dan berkatalah dengan perkataan yang benar, niscaya Allah meningkatkan kualitas amalan-amalan kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian. Dan barang siapa menta'ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan (kesuksesan) yang besar". (Qs. Al-Ahzab: 70-71).
Rangkaian ayat-ayat diatas merupakan paradigma dalam membentuk rumah tangga samara. Ketiga ayat tersebut sarat muatan taqwa. Tidak mungkin sebuah rumah tangga mendapatkan samara, kecuali APABILA SEJAK AWAL PROSES PERNIKAHANNYA (BAHKAN PROSES PRA NIKAH) HINGGA MENDAPATKAN KETURUNAN, SELALU BERJALAN DI ATAS REL TAQWA.
Dalam Surat Ali Imran ayat 102, terkandung pesan HENDAKNYA SETIAP MU'MIN, KHUSUSNYA YANG BERNIAT MEMBANGUN RUMAH TANGGA, MENGOKOHKAN KEMBALI STATUS KEIMANANNYA. Bahkan, MENINGKATKAN KUALITASNYA HINGGA MENCAPAI DERAJAT TAQWA YANG SEBENARNYA. Persiapan ini diperlukan bukan saja hanya untuk melaksanakan sunnah Nabi tersebut, tetapi juga untuk menjalankan proses pernikahan yang sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Sekaligus untuk menjaga kesucian ibadah.
Di surat An-Nisa ayat pertama, mengandung pesan yang lebih khusus MENGENAI TUNTUTAN SEKALIGUS TUNTUNAN MEMBINA RUMAH TANGGA SAMARA, yaitu:
PERTAMA: Taqwa dalam hal terkait dengan ASPEK RUBUBIYAH.
Bahwa Allah SWT, telah menciptakan semua makhluk (termasuk manusia) berikut pasangannya. Karena itu MANUSIA TIDAK PERLU GALAU DAN GELISAH DALAM MASALAH JODOH, apalagi melakukan tindakan-tindakan yang tidak disukai Allah dan Rasul-Nya. Yang diperlukan adalah PERSIAPAN DIRI UNTUK MENERIMA JODOH DARI ALLAH SESUAI KUFU-NYA SAAT ITU.
"Maha suci Rabb yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik segala yang ditumbuhkan bumi, diri mereka (manusia), maupun apa-apa yang tidak mereka ketahui". (Qs. Yaasin: 36).
Kalau seorang ingin mendapat pasangan yang shalih atau shalihat, maka DIA HARUS MENGONDISIKAN DIRI UNTUK MENJADI PRIBADI YANG SHALIH ATAU SHALIHAT. Sebab Allah swt tidak mungkin menzhalimi hamba-hamba-Nya. Dia Maha Adil, dan HANYA MEMPERTEMUKAN JODOH DENGAN KUALITAS YANG SESUAI KETAQWAAN PASANGANNYA PADA WAKTU ITU. Pasangan kita adalah CERMIN DIRI KITA SENDIRI.
Bagaimana kondisi keshalihan atau keshalihatan pasangan kita, begitulah kondisi kita ketika mendapatkannya.
Allah swt memaparkan aksioma ini dalam ayat-Nya yang indah: "Laki-laki pezina tidak akan menikah (mendapatkan jodoh) kecuali dengan perempuan pezina, atau perempuan musyrik; dan perempuan pezina tidak akan dinikahi kecuali oleh laki-laki pezina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang mu'min" (QS. An-Nur, 24:3).
"Wanita-wanita yang jahat adalah untuk laki-laki yang jahat, dan laki-laki yang jahat adalah untuk wanita yang jahat pula; dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanitwanita yang baik pula" (QS. An-Nur, 24:26).
Disamping itu, ALLAH LAH YANG BERKEHENDAK SESEORANG ITU AKAN DIBERI KETURUNAN ATAU TIDAK. Sehingga, rumah tangga tidak perlu goyah hanya lantaran suara tangisan bayi belum juga kunjung terdengar. Dia pula yang menentukan apakah rumah tangga itu dikaruniai keturunan berupa anak laki-laki atau anak perempuan. Semua sama dimata Allah. Tidak ada hak bagi anggota rumah tangga itu untuk kecewa.
"Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki. Atau Dia menganugerahi kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa yang Dia kehendaki), dan Dia menjadikan mandul siapa saja yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa" (QS. Asy-Syura, 42:49-50).
KEDUA: Taqwa yang berkait dengan ASPEK ULUHIYYAH.
Bahwa ketenteraman batin dan kasih sayang yang hakiki yang dirasakan seseorang di dalam perkawinan merupakan KEPUASAAN PSIKOLOGIS YANG TIDAK MUNGKIN DIDAPATKAN DILUAR PERKAWINAN. Ketenteraman ini bukanlah seperti ketenteraman yang diperoleh seseorang ketika terlepas dari bermacam kesulitan atau beban pikiran, atau ketenteraman yang datang karena mendapatkan benda-benda yang menyenangkan. Tetapi diperoleh karena KEPUASAN HATI YANG DILANDASI CINTA KASIH YANG HAKIKI.
Ikatan cinta kasih antara suami-isteri, berbeda dengan ikatan cinta antara teman. Ikatan ini mengandung rahasia yang hanya Allah sajalah yang mengetahuinya. Bagi orang yang mau menghayati tanda-tanda kebesaran Allah, akan dapat merasakan bahwa sakinah, mawaddah, wa rahmah betul-betul merupakan pengejawantahan dari ikatan hati yang telah dipadukan Allah dalam selimut kasih sayang-Nya.
Allah swt adalah SANG PENYATU HATI. Maka kepada-Nyalah kita memohon dipadukan hati, dan memohon mawaddah dan rahmah-Nya.
"Dan Allah-lah yang mempersatukan hati mereka. Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah-lah yang mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" (QS. Al-Anfal, 8:63).
Tetapi UNTUK MEMPERSATUKAN HATI DI ANTARA MANUSIA, MEMERLUKAN SYARAT. Syaratnya, HATI ITU TELAH TER-SHIBGHAH DENGAN NILAI-NILAI TAQWA. Surat An-Nisa' ayat pertama di atas ditutup dengan kalimat:
"Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kalian".
Ini mengandung pesan bahwa, HENDAKNYA MANUSIA JANGAN SEKALI-KALI BERANI MELAKUKAN TINDAK PELANGGARAN SYARI'AT ALLAH dalam proses membangun rumah tangga ini, sebab Dia Maha Melihat lagi Maha Mengetahui.
Sedangkan di dalam surat Al-Ahzab ayat 70-71, terkandung PESAN AGAR SELALU MENJAGA PERKATAAN DAN SIKAP ATAU PERILAKU YANG BENAR DALAM BERUMAH TANGGA.
Inilah RESEP MEMBANGUN RUMAH TANGGA SAMARA YANG DIBINGKAI OLEH NILAI-NILAI TAQWA.
FUNGSIONALISASI PERAN SUAMI ISTERI
Setelah meletakkan paradigma yang benar, langkah selanjutnya dalam mewujudkan rumah tangga samara adalah MELAKUKAN FUNGSIONALISASI PERAN SUAMI DAN ISTERI SECARA PROPORSIONAL DAN ADIL. Secara tersirat Allah swt telah menggariskan masalah ini dalam salah satu ayat-Nya:
"Tempatkanlah mereka (para isteri) di mana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu, dan janganlah kamu menyusahkan mereka hingga menyempitkan (hati) mereka". (QS. Ath-Thalaq:6).
Sebagai penjelas ayat tersebut, ALLAH SWT MENJABARKAN FUNGSI-FUNGSI YANG HARUS DITEGAKKAN SUAMI ISTERI UNTUK TERWUJUDNYA SAMARA, dalam ayat berikut:
"Kaum laki-laki adalah pemimpin (qawwam) bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Maka wanita yang shalihat, adalah yang tunduk dan taat (qanitat) serta mampu menjaga (hafizhat) ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara mereka". (QS. An-Nisa':34).
Apabila diilustrasikan secara singkat, maka MEMBANGUN RUMAH TANGGA SAMARA ITU SEPERTI LAYAKNYA MEMBANGUN RUMAH yang proses pembangunannya mesti dikerjakan secara berurutan, dan menempatkan bagian-bagian rumah tersebut secara tepat dan harmonis. Sebagai fondasinya adalah TAQWA. Kemudian, di atas fondasi itu dibangun pilar-pilar atau tiang-tiang utama yang berupa SIFAT QAWWAM SUAMI. Tegak atau condongnya pilar qawwam ini akan mempengaruhi tegak atau condongnya bangunan yang nantinya akan berdiri.
Setelah itu, di atas fondasi yang sama dan bersandar pada tiang-tiang utama tadi, dibangunlah dinding yang berfungsi sebagai pembentuk bangunan tadi, pembatas dari area luar dan penyekat antara ruangan. Cantik atau tidaknya bangunan, tergantung dari penempatan dan pengaturan dinding tadi. Dinding ini adalah SIFAT SHALIHAT SEORANG ISTERI.
Pada dinding tadi, dibuat pula jendela yang berfungsi sebagai pengatur keluar masuknya cahaya matahari dan udara segar. Makin baik jendela tadi berfungsi, tentu makin lancar pula sirkulasi cahaya dan udara segar. Jendela inilah SIFAT QANITAT ISTERI.
Pada dinding itu pula tentu dibuat pintu, yang berfungsi sebagai tempat lalu lalangnya orang-orang yang keluar masuk rumah. Pada saat-saat tertentu pintu itu dibuka, dan di saat-saat tertentu ditutup. Inilah fungsi HAFIZHAT SEORANG ISTERI.
Tetapi walaupun itu semua telah dibuat dan ditegakkan, belumlah bangunan tadi disebut rumah. Sebab ia membutuhkan atap sebagai pelindung dari panas maupun hujan. Ketika panas, ia berfungsi sebagai peneduh dan penyejuk. Ketika hujan ia berfungsi sebagai pemayung dan penghangat. Inilah yang disebut AL QUR'AN SEBAGAI MU'ASYARAH BIL-MA'RUF, yang harus ditegakkan di dalam kehidupan berumah tangga.
"Dan pergaulilah pasanganmu dengan ma'ruf (baik). Apabila kamu tidak menyukai (salah satu sifat) mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak (di sisi lain)". (QS. An-Nisa:19).
Manakala setiap pasangan menjalankan fungsi-fungsi tadi dengan baik, yakinilah bahwa ALLAH SWT PASTI AKAN MEMBERIKAN KADO ISTIWEWA-NYA BERUPA RUMAH TANGGA YANG SAKINAH, MAWADDAH WA RAHMAH.




Beberapa Produk Denture, untuk produk yang lain silahkan bisa konsultasi ke customer service di 085293424149







Cara Pembelian Produk Denature

TATA CARA PEMBELIAN:
Smskan alamat atau konsultasi, jika tertarik > transfer pembelian > barang dikirim pake TIKI/JNE/POS kealamat rumah. No.rekening via sms atau ada di bawah ini

CARA PEMESANAN :


Silahkan lakukan Pembayaran terlebih dahulu ke salah satu rekening BANK kami dan barang kami kirim melalui Jasa pengiriman Tiki / JNE / POS.



FORMAT PEMESANAN:
Bambang, pesan Gonore, Jl Kenari No 90 RT09 RW08 Kelurahan karangsari Kecamatan Bongsari, Semarang 52537 – Jawa tengah via MANDIRI
Kirim ke no : 085293424149

CONTOH KONFIRMASI PEMBAYARAN:
Bambang, Telah Transfer Rp. 340.000, – , Via MANDIRI, Obat Gonore
Konfirmasikan Via SMS ke : 085293424149

* Perhatian :
– Jika Transfer dari rekening orang lain harap disebutkan nama pemilik rekeningnya
– Paket dikirim rapi dan tidak menyebutkan nama penyakit

Untuk Biaya Kirim/Ongkir Di sesuaikan alamat pemesan :

  1. Untuk Wilayah Pulau Jawa Rp 25.000,-
  2. Untuk Luar Pulau Jawa Rp 45.000,-
  3. Khusus Untuk Irian Jaya dan Madura Rp 85.000,-
  4. Untuk Ongkir Luar Negri Silahkan Call / WA 085293424149
Agar pesanan Anda bisa segera diproses, segera konfirmasikan pembayaran Anda via SMS ke 085293424149
  • Jika anda masih kurang jelas silahkan kontak kami langsung via Tlp/Sms 085293424149
  • Barang DIJAMIN sampai ke rumah anda dengan catatan nama dan alamat lengkap.
  • Hubungi kami apabila menginginkan bukti nomor (resi) pengiriman.
Jangan Sampai Anda mengajukan pertanyaan seperti ini???
  • Mas, nanti kalau saya transfer uangnya, barang tidak datang atau tidak dikirim bagaimana???
  • Mas, ini penipuan bukan??? Sekarang kan banyak penipuan???
  • Saya kan tidak kenal situ??? Masa saya transfer ke situ? kenal juga ngga???
Bukti Resi Pengiriman dan Paket Rapi





Sekarang jaman Online Bos, kita disini sudah terbiasa belanja Online. Sekarang
sudah Jaman Modern, sudah jaman internet, bukan jaman perjuangan lagi.
Tinggal beli, tunggu barangnya dirumah. No.resi pengiriman saya smskan.
Cek resi pengiriman di www.jne.co.id atau di Tiki www.tiki-online.com
SEPARAH APAPUN PENYAKIT YANG ANDA DERITA DAPAT DISEMBUHKAN JIKA ANDA MAU BERUSAHA MENGOBATINYA !
Silahkan jangan ragu untuk mengontak nomer kami
Call/SMS/WA : 085293424149
PIN BB : 7A68E8B4


Artikel "Rumah tangga SAMARA menurut Islam" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://naylanews.blogspot.com/2011/10/rumah-tangga-samara-menurut-islam.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Senin, 03 Oktober 2011, pukul 01.00. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3